Metode Pemakanan Mesin Frais

 Conventional milling.
climb milling

Sebuah pemotong milling dapat memotong dalam dua arah, terkadang dikenal sebagai konvensional atau ke atas dan memanjat atau climbing.

Pemakanan Konvensional  (kiri): Ketebalan Chip dimulai dengan nol , dan meningkat hingga maksimal. Pemotongan ini begitu ringan di awal bahwa alat ini tidak dipotong, tapi bergeser di seluruh permukaan material, sampai tekanan yang cukup dibangun dan gigi tiba-tiba menggigit dan mulai memotong. Ini deformasi material (pada titik A pada diagram, kiri), pekerjaan pengerasan, dan menumpulkan alat. Pemotongan ini menghasilkan finishing yang buruk.

Pemakanan Climbing mill (kanan): Setiap gigi menyentuh material pada titik tertentu, dan lebar permukaan yang dipotong mulai maksimum dan menurun sampai nol. Chip yang dibuang di belakang cutter,  menyebabkan pembuangan geram lebih mudah. Gigi tidak menggosok pada materi, dan umur pahat dapat lebih lama. Namun,metode ini dapat menghasilkan beban yang lebih besar ke mesin, dan tidak direkomendasikan untuk mesin frais yang lebih tua, atau mesin yang tidak dalam kondisi baik,karena beban pisau akan menarik meja dengan kuat.

Penanganan Tatal/Geram

Meskipun ada berbagai jenis pemotong mesin milling, memahami pembentukan geram adalah dasar penggunaan salah satu dari mereka. Selagi pisau berputar, bahan yang akan dipotong dimasukkan ke dalamnya, dan setiap gigi pemotong menghasilkan chip kecil bahan. Mencapai ukuran yang benar dari chip adalah sangat penting. Ukuran chip ini tergantung pada beberapa variabel.
Kualitas lain yang penting dari pisau frais untuk dipertimbangkan adalah kemampuannya untuk menangani masalah gram ini,yang dihasilkan oleh proses pemotongan. Jika gram/swarf tidak dihilangkan secepat diproduksi, alur pisau akan menyumbat dan mencegah alat pemotong bekerja efisien, menyebabkan getaran, keausan pahat dan overheating. Beberapa faktor yang mempengaruhi penghapusan geram/swarf, termasuk kedalaman dan sudut dari alur pisau, ukuran dan bentuk dari chip, aliran pendingin, dan bahan sekitarnya. Mungkin sulit untuk memprediksi, tetapi opeartor yang baik akan memperhatikan bagaimana gram terbentuk, dan menyesuaikan kondisi pemotongan bahan. Dan tidak bisa dilupakan satu tindakan lain yang berhubungan dengan proses ini adalah pendinginan dan cairan pendingin itu sendiri.

 
 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s